Jangan Pernah Mau Mati di Gunung

Mendaki gunung bukanlah sebuah kegiatan yang bisa kita anggap sepele, banyak dari teman – teman pendaki gunung terkadang menyepelekan hal – hal yang kecil akan tetapi sangat krusial jika melakukan pendakian gunung.

Jadi bagi kalian para pendaki gunung  perhatikan lah hal – hal berikut sebelum mendaki gunung :

  • Pengetahuan

Pengetahuan yang dimaksud adalah pengetahuan dasar tentang pendakian gunung seperti mountaineering, navigasi, survival, orientasi medan yang akan di tempuh, apa saja peralatan yang dibutuhkan (disesuaikan dengan gunung yang bakal kalian daki), akses untuk mencapai gunung sebelum melakukan pendakian, dan bahaya – bahaya di gunung beserta penanggulangannya.

  • Rencana yang matang

Rencana yang matang akan membuat pedakian yang akan kalian lakukan semakin terasa nyaman. Seperti berapa hari pendakian akan dilakukan, kemudian kalian bisa menentukan logistik yang bakal dibawa, termasuk juga jumlah peralatan seperti tenda, matras, kompor, dll. Karena lumayan  sering mendaki, saya kerap kali menemukan adanya tim pendaki yang anggota nya berjumlah 5 orang, bawa tendanya yang kapasitas 4 orang, dan saya rasa itu sangat mengganggu kenyamanan pendakian anda.

  • Fisik dan mental

Usahakan bagi kalian para pendaki gunung baik itu perdana atau yang sudah sering melakukan pendakian, minimal seminggu sebelum melakukan pendakian udah mulai joging atau berjalan santai dengan jarak yang cukup jauh sebagai pemanasan sebelum mendaki. Ini juga hal sepele yang akan mempermudah kalian dalam perjalanan nantinya. Banyak kejadian keram ketika pendakian gunung itu dikarenakan tubuh kalian merasa terkejut dengan hal yang tidak biasa kalian lakukan dan juga kurang pemanasan.

Selanjutnya mental, mental sangat diperlukan dalam pendakian gunung karena apa saja hal – hal yang tidak anda kira akan terjadi di perjalanan, bisa saja terjadi. Jadi kalian harus mempersiapkan mental kalian untuk hal – hal yang tak terduga.

  • Peralatan yang memadai

Periksa ulang peralatan yang kalian akan bawa saat perjalanan, mana tau ada yang rusak atau dalam kondisi tidak layak pakai, apalagi barang yang kita bawa adalah barang yang dipinjam hahaha… Sebenarnya masalah peralatan ini saya sendiri juga sering menyepelekannya, dan lupa untuk mengecek ulang kondisi peralatan yang akan dibawa. Tapi itu tidak boleh ditiru, dan sangat berbahaya jika ketika melakukan pendakian tidak membawa peralatan yang memadai. Satu lagi yang paling penting adalah selalu membawa P3K beserta obat – obatan saat mendaki gunung.

  • Logistik

Kalau saya sendiri punya kriteria dalam memilih logistik pendakian seperti yang pertama adalah bergizi, karena tubuh akan membutuhkan asupan yang lebih dari pada biasanya saat kalian melakukan pendakian. Yang kedua harus tahan lama, kenapa tahan lama menjadi kriteria adalah karena jika perjalanan yang akan lakukan berhari hari dan memakan waktu yang lama  maka makanan yang kita bawa juga harus bertahan dan tidak busuk. Ketiga ringkas dan instan, kenapa??? Bukan maksud saya harus bawa mie instan saja atau sarden saja tidak juga. Instan yang maksud adalah pilihlah makan yang mudah untuk di masak dan tidak memakan waktu yang lama dan ribet setengah mati.

Jadi itu tadi hal – hal sepele yang kerap kita lupakan dan acuhkan saat merencanakan atau melakukan pendakian gunung. Semoga dapat bermanfaat untuk kita para pendaki gunung, khususnya para pecinta alam di seluruh pelosok negeri ini.

Salam Lestari…!!!

Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya – Soe Hok Gie.

by : Mahendra Widiawan (GBC/XVI/103)

Please follow and like us:
error